Penelitian Mahasiswa
Pengaruh edukasi gizi berbasis health belief model (HBM) terhadap tingkat pengetahuan remaja gizi kurang di SMP Negeri 1 Kampar
PROGRAM STUDI S1 GIZI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
Skripsi, Juli 2025
ROSDATUL HUSNAH
PENGARUH EDUKASI GIZI BERBASIS HEALTH BELIEF MODEL (HBM) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA GIZI KURANG DI SMP NEGERI 1 KAMPAR
xi + 60 Halaman + 9 Tabel + 4 Gambar + 12 Lampiran
ABSTRAK
Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap masalah gizi, salah satunya adalah gizi kurang. Rendahnya pengetahuan gizi menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi berbasis Health Belief Model (HBM) terhadap tingkat pengetahuan gizi dan persepsi remaja gizi kurang di SMP Negeri 1 Kampar. Penelitian ini menggunakan desain one group pre-test and post-test dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei – Juni 2025 dengan jumlah sampel terdiri dari 80 siswa kelas VII dan VIII yang berstatus gizi kurang berdasarkan nilai IMT/U < -2 SD. Intervensi edukasi dilakukan melalui ceramah, media visual, audio-visual, serta leaflet yang memuat prinsip gizi seimbang dengan pendekatan HBM. Analisa data yang digunakan adalah dengan uji Wilcoxon Signed Ranks. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor pengetahuan dan konstruk persepsi HBM setelah intervensi (p < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa edukasi gizi berbasis HBM efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan persepsi remaja terhadap gizi seimbang. Pendekatan ini direkomendasikan sebagai strategi intervensi edukatif di lingkungan sekolah sehingga dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang.
Kata Kunci : edukasi gizi, Health Belief Model, remaja, gizi kurang, pengetahuan gizi
Daftar Bacaan : 59 Bacaan (2015-2025)
| S004455 | 07 25-09 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain