Penelitian Mahasiswa
Hubungan metode pembelajaran dengan stres akademik pada mahasiswa semster 6 program studi s1 keperawatan universitas pahlawan tuanku tambusai
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
Skripsi, Juli 2021 SYAHRI RIEFALDY
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA SEMESTER 6 PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
x + 48 + 5 Tabel + 4 Skema + 9 Lampiran
ABSTRAK
Banyak mahasiswa yang harus beradaptasi dengan metode pembelajaran luring menjadi metode pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19, dimana kebijakan ini diterapkan oleh pemerintah yang harus dilaksanakan untuk mencegah penyebaran virus, dengan pemberlakuan metode pembelaran ini, kebanyakan mahasiswa mengalami stres akademik. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 Juni-27 Juni 2021 dengan jumlah sampel 179 orang mahasiswa program studi S1 Keperawatan semester 6 menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi Square. Hasil analisa univariat diperoleh respon berada pada rentang usia 21 tahun (remaja) yaitu sebanyak 97 orang (54,2%). Sebagian besar responden ini berjenis kelamin perempuan yaitu 146 orang (81,6%) dan responden laki-laki 33 orang (18,4%). Hasil uji Chi Square tidak ada hubungan antara metode pembelajaran dengan stres akademik (p value = 0,106). Kesimpulan tidak terdapat hubungan antara metode pembelajaran dengan stres akademik pada mahasiswa program studi S1 Keperawatan Universitas pahlawan Tuanku Tambusai.
Kata kunci : Stres, Stres Akademik, Metode Pembelajaran
Daftar bacaan : 26 Bacaan (2010-2021)
S002218 | 02 21-79 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain