Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan model pembelajaran creative ploblem solving di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi operasi hitung bilangan cacah siswa kelas iv sdm 002 penyasawan kecamatan kampar)

Opeldi Erlangga - Nama Orang;

ABSTRAK
Opeldi Erlangga.
(2021):
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran
Creative Problem Solving di Sekolah Dasar (Penelitian
Tindakan Kelas pada Materi Operasi Hitung Bilangan
Cacah Siswa Kelas IV SDM 002 Penyasawan Kecamatan
Kampar)”
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah
pada siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi hitung
bilangan cacah dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving
di kelas IV SDM 002 Penyasawan Kecamatan Kampar. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus
dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dapat diketahui adanya peningkatan dalam kemampuan
pemecahan masalah siswa. Pada kegiatan pra siklus diperoleh nilai rata-rata kelas
sebesar 59 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52%, meningkat pada siklus 1
pertemuan 1 menjadi 69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55%, meningkat pada
siklus 1 pertemuan 2 menjadi 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63%. Nilai
rata-rata kelas pada siklus 2 pertemuan 1 yaitu 83 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 74%., dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 yaitu sebesar 87 dengan
ketuntasan klasikal sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan
model pembelajaran creative problem solving.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan
Pemecahan Masalah


Ketersediaan
S00222008 21-69Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-69
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2025
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-69
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Kemampuan Pemecahan Masalah
model pembelajaran creativ ploblem solving
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik