Penelitian Mahasiswa
Kajian litertur kemapuan pemecahan masalah matematika siswa mengunakan model pembelajaran creative problem solving di sekolah dasar
ABSTRAK
Ahmad Zainal.
2020:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur tentang kemampuan
pemecahan masalah Matematika dengan menggunakan model pembelajaran
creative problem solving di sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode
penelitian kajian literatur dengan menganalisis artikel yang mengkaji kemampuan
pemecahan masalah Matematika dengan menggunakan model creative problem
solving di sekolah dasar. Hasil penelitian yang dianalisis adalah terdapat 2 artikel
yang membahas tentang kemampuan pemecahan masalah Matematika dengan
menggunakan model pembelajaran creative problem solving di sekolah dasar.
Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah Matematika indikatornya sesuai
dengan pendapat ahli yaitu memahami masalah yang diberikan, merencanakan
pemecahan masalah, menyelesaikan masalah sesuai dengan yang telah
direncanakan dan memeriksa kembali hasil yang diperolehnya (looking back).
Hasil analisis model pembelajaran creative problem solving terdapat langkahlangkah yaitu: menentukan masalah yang ingin diselesaikan, menemukan fakta,
menemukan masalah, menemukan ide, menemukan solusi, dan
mempertimbangkan isu-isu nyata. Kebaruan penelitian yang didapat secara kajian
literatur tentang kemampuan pemecahan masalah Matematika dan model
pembelajaran creative problem solving sesuai dengan teori-teori yang
disampaikan ahli-ahli sebelumnya. Dampak dan impak hasil penelitian
menggunakan kajian literatur ini adalah bagi peneliti lainnya apabila ingin
meneliti tentang kemampuan pemecahan masalah Matematika dan model
pembelajaran creative problem solving di sekolah dasar bisa memperhatikan
saran-saran yang telah diberikan peneliti.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Creative Problem
Solving, Sekolah Dasar.
S002222 | 08 21-68 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain