Penelitian Mahasiswa
Peningkatan pemahaman konsep matematika dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining kelas iv sekolah dasar (penelitian tidakan kelas pada materi pecahan kelas iv sekolah dasar sd negeri 013 kumantan)
ABSTRAK
Norma Lestari, (2021): Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan
Menerapkan Fasilitator Siswa dan Model Pembelajaran
Menjelaskan Kelas IV SD (Penelitian Tindakan Kelas
Pecahan untuk Kelas IV SD Negeri 013 Kumantan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa
kelas IV SD Negeri 013 Kumantan Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.
Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model
pembelajaran Fasilitator dan Penjelas. matematika pada pecahan dengan
menggunakan model fasilitator dan eksplanasi siswa untuk siswa kelas IV di SD
Negeri 013 Kumantan. Metode penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan
dalam dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi refleksi dan waktu
penelitian dilaksanakan dari bulan Februari sampai Agustus 2021. Subjek
Penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 9
laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi,
observasi dan tes. Siklus I dengan rata-rata 74 maka dari 12 siswa hanya 7 siswa
yang tuntas sedangkan ketuntasan klasikal 58% pada siklus II dengan rata-rata
85% dan 12 siswa terdapat 10 siswa yang tuntas 83% ketuntasan belajar klasikal.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model fasilitasi dan eksplanasi siswa
dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi pecahan kelas
IV SD Negeri 013 Kumantan.
Kata kunci: Kemampuan Memahami Konsep Matematika, Model Fasilitator
Siswa dan Menjelaskan, Pecahan
S002217 | 08 21-67 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain