Penelitian Mahasiswa
Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar sepak bola siswa smk negeri 1 tapung
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Sepak Bola Siswa SMK N 1 Tapung. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode survei dengan jumlah populasi 4 guru olahraga dan sampel 4 orang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan teknik random. pada “r tabel product moment pada taraf signifikan 0,5 maka diperoleh bahwa r_xy lebih besar dari pada nilai “rtabel” (0,511 > 0,349) sehingga H_0 ditolak dan diterima H_1 sehingga diperoleh bahwa ada korelasi yang signifikan antara variabel (X) profesionalisme guru dengan variabel (Y) hasil belajar sepak bola siswa di SMK Negeri 1 Tapung. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar sepak bola siswa SMK Negeri 1 Tapung, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Profesionalisme guru di SMK Negeri 1 Tapung adalah Baik sekali. Kita dapat melihat dari masing-masing kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. 2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola dengan melihat nilai r² = 0,261121 yang berarti 26,11% dari variabel (X) profesionalisme guru menentukan variabel (Y) hasil belajar siswa dalam sepak bola pembelajaran bola di SMK Negeri 1 Tapung. 3. Diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 1,82 + 0,986X dimana naik turunnya hasil belajar sepakbola siswa dipengaruhi oleh perubahan profesionalisme guru. Jika profesionalisme guru baik maka hasil belajar siswa sepak bola juga akan meningkat.
S002087 | 12 21-13 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain