Penelitian Mahasiswa
Pengaruh latihan lompat di tempat terhadap ketepatan tumpuan lompat jauh pada siswa kelas 5 sd negeri 002 nongsa
ABSTRAK
Handika Prayoga Putra 2021 : Pengaruh Latihan Lompat di Tempat
Terhadap Ketepatan Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD Negeri 002 Nongsa
Penelitian ini di latar belakangi kurangnya pemahaman siswa tentang betapa pentingnya ketepatan tumpuan lompat jauh terhadap hasil lompat jauh dalam melakukan lompat jauh. Sehingga peneliti menawarkan solusi untuk menggunakan metode latihan lompat di tempat sebanyak 10 kali yang di harapkan dapat meningkatkan ketepatan tumpuan lompat jauh terhadap hasil lompat jauh pada para siswa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan desain tes sebanyak 3 kali yaitu tes awal sebelum perlakuan , tes 1 dan tes 2 dengan sampel berjumlah 20 siswa.Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Terdapat Pengaruh Hasil ketepatan tumpuan dimana sebelum diberikan perlakuan memiliki nilai tertinngi 77,5 sedangkan setelah diberikan perlakuan menggunakan lompat di tempat sebanyak 10 kali dan pada tes 1 terdapat pengaruh terhadap ketepatan lompat jauh terhadap hasil lompat jauh dengan nilai tertinggi 78,0. Pada tes 2 memiliki peningkatan ketepatan tumpuan lompat jauh terhadap hasil lompat jauh dengan nilai tertinggi 86,5. Dapat dikatakan ketepatan tumpuan lompat jauh memiliki pengaruh terhadap hasil lompat jauh di karenakan mengalami peningkatan dari awal kemampuan dasar sampai tes ke 2 .
Kata Kunci : Ketepatan Tumpuan, Lompat di tempat, Pemahaman yang kurang
S002082 | 12 21-08 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain