Penelitian Mahasiswa
Pengembangan perangkat pembelajaran daring berbasisetnoma tematika pada materi persamaandan pertidaksamaan linear kelas sma/ sederajat
Abstrak
Penelitian Pengembangan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Daring Berbasis Etnomatematika Kelas X SMK Negeri 1 Bangkinang tahun ajaran 2020/2021, pada kelas X TKJ 2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas Eksperimen dan kelas X RPL sebagai Kelas Kontrol. Penelitian ini dilakukan pada Juli 2021.Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan, instrumen dari penelitian ini terdiri dari Lembar Observasi keterlaksanaan pembelajaran, Lembar angket, dan lembar tes, serta hasil pengembangan Perangkat pembelajaran Daring Berbasis etnomatematika berupa aplikasi pembelajaran E-LKPD.Berdasarkan hasil analisis data keterlaksanaaan Sintaks Pembelajaran yang menunjukkan nilai hasil rata-rata skor yang menunjukkan 3,9 (≤4,00) sehingga termasuk kategori sangat baik dan persentase untuk menentukan keterlaksanaan sintaks pembelajaran dalam RPP yang digunakan adalah 100% (≥75%). Pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah yaitu banyaknya siswa yang tuntas adalah 32 orang dari 36 orang siswa (88,8%) dan banyaknya siswa yang tidak tuntas adalah 4 orang dari 36 orang siswa (11,1%). Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba memenuhi kriteria untuk dikatakan efektif.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Pembelajaran Daring, Etnomatematika
S002072 | 10 21-03 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain