Penelitian Mahasiswa
Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis realistic mathematic education (rme) untuk materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII smp
ABSTRAK
Melma Rohani, 2021 : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis RME yang valid dan praktis pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP N 1 Bangkinang Kota dan mengetahui apakah LKPD tersebut memberikan efek potensial terhadap pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Metode yang digunakan yaitu metode pengembangan dengan model Plomp dengan tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP N 1 Bangkinang Kota. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu mendapatkan sebuah LKPD berbasis RME materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Kevalidan LKPD berdasarkan isi, penyajian, dan bahasa. Berdasarkan isi, LKPD yang dikembangkan telah sesuai dengan karakteristik RME. Berdasarkan penyajian, LKPD sudah tersusun dengan baik. Sedangkan berdasarkan bahasa, LKPD telah menggunakan bahasa yang baik dan benar dimana tidak ada siswa yang salah pengertian dan mempunyai penafsiran ganda ketika membacanya. Kepraktisan LKPD tampak dari siswa dapat menggunakan LKPD tersebut dengan baik.
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, RME
S002070 | 10 21-01 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain