Penelitian Mahasiswa
Peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui media permaian ular tangga edukasi di kelompok a tk tunas harapan tambang (penelitian tindakan kelas pada materi motorik kasar anak usia 4-5 tahun tk harapan tambang)
ABSTRAK
Khairun Nisa. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5
2021: Tahun Melalui Media Permainan Ular Tangga Edukasi Di Kelompok A TK Tunas Harapan Tambang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnyanya kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun dikelompok A TK Tunas Harapan Tambang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melalui media Permainan Ular Tangga Edukasi. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Kemampuan Motorik Kasar Anak serta untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun melalui Permainan Ular Tangga Edukasi dikelompok A TK Tunas Harapan Tambang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Waktu penelitian ini dilaksanakan dari mei sampai juni 2021. Subjek penelitian anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan penilaian. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan bahwa kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun total penilaian hanya mencapai 37% dari keseluruhan anak. Perolehan hasil tersebut dikatakan belum berhasil karena belum mencapai skor 80%. Pada siklus I terjadi peningkatan penilaian 74% dari keseluruhan anak. Pada siklus II, total penilaian mencapai 86% dari keseluruhan anak. Dengan perolehan tersebut dikatakan berhasil karena sudah mencapai skor yang diinginkan yakni 80% dalam Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun Pada TK Tunas Harapan tambang dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Permainan Ular Tangga Edukasi.
Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar Anak, Media Permainan Ular Tangga Edukasi, Penelitian Tindakan Kelas
S002065 | 09 21-16 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain