Penelitian Mahasiswa
Meningkatkan motorik kasar anak melaui metode bernyanyi dengan gerakan berbasis tema di tk tunas harapan (penelitian tindakan kelas pada anak kelas a tk tunas harapan)
ABSTRAK
Novika Herawati. 2021: Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode
Bernyanyi Dengan Gerakan Berbasis Tema Di Tk
Tunas Harapan (Penelitian Tindakan Kelas Pada
Anak Kelompok A TK Tunas Harapan Kecamatan
Tapung Hilir Kabupaten Kampar)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya dalam meningkatkan motorik kasar anak kelompok A TK Tunas harapan kecamatan tapung hilir kabupaten Kampar, di dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui metode bernyanyi dengan gerakan berbasis tema pada anak kelompok A TK Tunas Harapan.hal ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik kasar anak. Penelitian ini merupakan tindakan kelas menggunakan model pengertian dari Kemmis dan MC Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, subjek penelitian yakni 10 anak kelompok A yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Objek penelitian yakni meningkatkan motorik kasar anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk checklist, teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Pada tahap pratindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai 52,5%, pada pelaksanaan siklus I persentase yang dicapai sebesar 62,82%, dan pencapaian peningkatan motorik kasar anak pada siklus II sebesar 84,83%.
Kata Kunci: Meningkatkan Motorik Kasar Anak, Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Berbasis Tema
S002053 | 09 21-04 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain