Penelitian Mahasiswa
Penerapan stategi know-what to know-learned (kwl) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas 5 sdn 001 air tiris)
ABSTRAK
Nurhamida.
(2021): Penerapan Strategi Know What To Know Learned (KWL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia siswa kelas V SD Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 001 Air Tiris, tepatnya pada materi Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya membaca pemahaman siswa pada siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, 14 orang siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitan ini menggunakan teknik wawancara,observasi,tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya peningkatan dalam keterampilan membaca pemahaman siswa. Sebelum tindakan, ketuntasan hasil keterampilan membaca pemhaman siswa hanya 55% dengan kategori kurang. Dalam melakasanakan siklus 1 pertemuan 1, ketuntasan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai 65% dengan kategori cukup. Pada siklus 1 pertemuan 2 hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai 75% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 hasil tes ketrampilan membaca pemahaman siswa mencapai 85% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2, hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai 90% dengankategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kerampilan membaca pemhaman siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi Know What to Know Learned (KWL).
Kata Kunci: Strategi Know What to Know Learned (KWL), Keterampilan Membaca Pemahaan
S002039 | 08 21-61 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain