Penelitian Mahasiswa
Penerapan model quick on the draw untuk meningkatkan kerjasama siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada tema makanan sehat di sd swasta 016 lpm rantau panjang)
ABSTRAK
Elsa Nurfazira, 2021 : Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja sama Siswa Kelas V SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan kerja sama siswa di kelas V SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Quick On The Draw. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan kerja sama siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Quick On The Draw siswa kelas V SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil keterampilan kerja sama siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan kerja sama siswa hanya 66 dengan ketuntasan klasikal sebesar 43,75%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%, lalu pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal sebsar 62,5%. Selanjutnya siklus II pertemuan I meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,7%. Maka dapat disimpulkan penerapan model Pembelajaran Quick On The Draw dapat Meningkatkan Keterampilan Kerja sama Siswa Kelas V SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang.
Kata Kunci : Keterampilan Kerja Sama, Model Pembelajaran Quick On The Draw
S002038 | 08 21-60 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain