Penelitian Mahasiswa
Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional remaja kelas 7 di smpn 2 bangkinang kota
PROGRAM SUDI S1 KEPERAWATAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
Laporan Penelitian, Juli 2021
RISA ALHIDA
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL REMAJA KELAS VIII DI SMPN 2 BANGKINANG KOTA
V + 59 Halaman + 6 Tabel + 4 Skema + 7 Lampiran
ABSTRAK
Remaja yang memasuki masa transisi dimana pada saat masa ini remaja mengalami titik puncak emosionalitas, yaitu akan terjadi perkembangan emosi yang tinggi. Perkebangan emosi remaja merupakan keinginan mencari kebebasan secara emosional dari orang tua dalam rangka menjalankan peranan sosial yang baru di masyarakat.salah satu faktor perkembangan emosional remaja merupakan pola asuh orang tua yang merupakan semua interaksi antara orang tua dengan anak anak yang nantinya akan dijadikan contoh oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional remaja kelas VIII di SMPN 2 Bangkinang Kota. Jenis penelitian yang digunakan yaitu cross sectional design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja kelas VIII di SMPN 2 Bangkinang Kota. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional remaja kelas VIII di SMPN 2 Bangkinang Kota (P value = 0.006; < 0,05). Saran diharapkan orang tua dapat lebih peka terhadap pola asuh yang dibutuhkan oleh anaknya, karena perkembangan emosional remaja yang baik bergantung pada ketepatan pola asuh yang diberikan.
Kata Kunci : perkembangan, emosional, remaja, pola asuh
Daftar Bacaan : 26 Bacaan (2014-2021)
S001910 | 02 21-40 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain