Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Penerapan model pembelajaran children learning in science (clis) untuk meningkatkan pemahaman konsep ipa di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi organ gerakhewan dan manusia pada siswa kelas 5 sdn 001 bangkinang kota>

Yuli Delvika - Nama Orang;

ABSTRAK

Yuli Delvika (2021) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan didalam kelas dan diberi tindakan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan disetiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota yang berjumlah 12 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 66,44 atau dengan kriteria ketuntasan sebesar 61%. Kemudian pada siklus II meningkat dengan rata-rata 70,78 atau 83%. Maka dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Ilmu Pengetahuan Alam, Children Learning In Science, Sekolah Dasar


Ketersediaan
S00180608 21-56Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-56
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-56
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Sekolah Dasar
Pemahaman Konsep
ilmu pengetahuan alam
children learning in science
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik