Penelitian Mahasiswa
Pengembangan media pop up book pada pembelajaran matematika kelas 4 sekolah dasar (penelitian pengembangan media pop up book pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut dikelas 4 sd negeri 010 siabu kecamatan salo)
ABSTRAK
Nur Ayuni, (2021): Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Matematik Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan praktikalitas media pop up book pada muatan pembelajaran matematika materi pengukuran sudut untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 010 Siabu Kecamatan Salo dengan objek penelitian pengembangan media pop up book. Pengembangan media pop up book divalidasi oleh lima orang validator yaitu dua orang validator ahli materi, dua orang validator ahli media dan satu orang ahli validator bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembari validasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat validitas produk pengembangan media pop up book pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut adalah sangat valid dengan rata-rata nilai 84,46 oleh ahli validator. Tingkat praktikalitas produk pengembangan media pop up book pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut adalah sangat praktis dengan nilai 90,91 pada saat uji kelompok kecil dan 90,45% di saat uji kelompok terbatas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pop up book yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut untuk Kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Media Pop Up Book, Pengukuran Sudut.
S001808 | 08 21-54 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain