Penelitian Mahasiswa
Peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan metode modelling berbantuan cerita bergambar (penelitian tindakan kelas pada pembelajaran tematik siswa kelas 2 sdn 004 salo)
ABSTRAK
Zulisa Laina, (2021) Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Metode Modelling Berbantuan Cerita Bergambar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SDN 004 Salo)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 004 Salo. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode modelling. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsipkan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II pada Tema Hidup Rukun dengan menggunakan metode modelling. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 21 orang, dengan jumlah Laki-laki 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan membaca nyaring siswa dengan Tema Hidup Rukun pada siklus 1 tergolong kurang efektif dengan presentase ketuntasan siswa 42% dengan nilai rata-rata 72%. Sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan siswa 61%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sangat baik yakni presentase ketuntasan siswa 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode modelling dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaribg siswa kelas II SDN 004 Salo.
Kata Kunci : Metode Modelling, Kemampuan membaca nyaring, Siswa sekolah dasar
S001811 | 08 21-52 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain