Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan metode modelling berbantuan cerita bergambar (penelitian tindakan kelas pada pembelajaran tematik siswa kelas 2 sdn 004 salo)

Zulisa Laina - Nama Orang;

ABSTRAK
Zulisa Laina, (2021) Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Metode Modelling Berbantuan Cerita Bergambar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SDN 004 Salo)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 004 Salo. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode modelling. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsipkan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II pada Tema Hidup Rukun dengan menggunakan metode modelling. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 21 orang, dengan jumlah Laki-laki 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan membaca nyaring siswa dengan Tema Hidup Rukun pada siklus 1 tergolong kurang efektif dengan presentase ketuntasan siswa 42% dengan nilai rata-rata 72%. Sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan siswa 61%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sangat baik yakni presentase ketuntasan siswa 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode modelling dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaribg siswa kelas II SDN 004 Salo.


Kata Kunci : Metode Modelling, Kemampuan membaca nyaring, Siswa sekolah dasar





Ketersediaan
S00181108 21-52Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-52
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-52
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Siswa Sekolah Dasar
metode modelling
kemampuan membaca nyaring
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik