Penelitian Mahasiswa
meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode ejaan di sekolah dasar 005 langgini kelas 2
ABSTRAK
Puja Novira, (2021) : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA
PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EJAAN DI SEKOLAH DASAR 005 LANGGINI KELAS II
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode ejaan di sekolah dasar 005 langgini kelas II tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 27 orang. 15 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengambilan data di lakukan dengan cara tes membaca. Lembar observasi guru, dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan metode pembelajaran ejaan. Hasil kemampuan membaca dapat di lihat dari test per siklus. Siklus I pertemuan I berjumlah 11 orang siswa atau 59,26% dengan rata-rata nilai 68,41%, siklus I pertemuan II naik menjadi 18 orang siswa atau 66,66% dengan rata-rata nilai 70,74%, siklus II pertemuan I naik lagi menjadi 21 orang siswa atau 77,77% dengan rata-rata nilai 71,48%, siklus II pertemuan II naik menjadi 25 orang siswa atau 92,59% dengan rata-rata nilai 77,77%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran ejaan dapat meningatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN 005 LANGGINI.
Kata kunci : Kemampuan Membaca, Metode Pembelajaran Ejaan Bahasa Indonesia
S001812 | 08 21-50 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain