Penelitian Mahasiswa
Penerapan model pembelajaran course review horay dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas 5 sdn 001 bangkinang koto)
ABSTRAK
Refta Oktavianis (2021): Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model Course Review Horay dalam pembelajaran kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota yang berjumlah 18 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 6 siswa dan siswa perempuan 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 72, 5%, selanjutnya dari 18 siswa hanya 11 orang siswa atau 60,5% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 83,05% dan 15 siswa tuntas atau 82,5% yang mencapai ketuntasan sacara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota.
Kata kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Course Review Horay, Pembelajaran Sekolah Dasar
S001813 | 08 21-49 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain