Penelitian Mahasiswa
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) untuk meningkatkan pemehaman konsep matematika sekolah dasar
ABSTRAK
Nurjamilah 2021 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika kelas IV SDN 018 Kuok. Hal itu dapat dilihat dari hasil ulangan siswa yang rata-rata nilai siswanya 57,72 secara klasikal 45,45% dan dikategorikan tidak tuntas, sedangkan KKM nya 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningktkan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran kelas IV SDN 018 Kuok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 018 Kuok yang berjumlah 11 orang siswa, terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I pertemuan I siswa yang tuntas sebanyak 8 orang siswa dengan rata – rata 72,72%, pada pertemuan II naik menjadi 9 orang siswa yang tuntas dengan rata – rata 81,81% sedangkan pada siklus II pertemuan I siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa dengan rata-rata 90,9%. Pada siklus II pertemuan II siswa yang tuntas sebanyak 11 orang siswa dengan rata – rata 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 018 Kuok.
Kata kunci : Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), pemahaman konsep matematika
S001814 | 08 21-48 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain