Penelitian Mahasiswa
peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ips dengan pendekatan kontekstual siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi keagamaan sosial, ekonomi dan bidaya siswa kelas 4 sdn 019 muara uwai)
ABSTRAK
Rizki Mulyadi (2021): Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPS Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 019 Muara Uwai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran kelas IV SDN 019 Muara Uwai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 019 Muara Uwai yang berjumlah 18 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 6 siswa dan siswa perempuan 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 72, 5%, selanjutnya dari 18 siswa hanya 11 orang siswa atau 60,5% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 83,05% dan 15 siswa tuntas atau 82,5% yang mencapai ketuntasan sacara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 019 Muara Uwai.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Di Sekolah Dasar
S001817 | 08 21-45 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain