Penelitian Mahasiswa
Upaya peningkatan keterampilan membaca nyaring berbantuan media gambar tunggal di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi membaca nyaring siswa kelas 3 sdn 004 bangkinang kota)
ABSTRAK
Ria Zahrotul Khotimah.
2021: Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Berbantuan Media Gambar Tunggal pada Siswa Kelas III SDN 004 Bangkinang Kota
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan membaca nyaring siswa pada materi teks cerita anak di kelas III SDN 004 Bangkinang Kota. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan media gambar tunggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa pada materi teks pertumbuhan tanaman dengan menerapkan media gambar tunggal pada siswa kelas III SDN 004 Bangkinang Kota. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 11 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatan hasil keterampilan membaca nyaring siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membaca nyaring siswa hanya 61,36 dengan ketuntasan klasikal 36,4%, lalu pada siklus I memperoleh 66,13 dengan ketuntasan klasikal 49,95%. Meningkat pada siklus II 84,36 dengan ketuntasan klasikal 81,8%. Maka dapat disimpulkan penerapan media gambar tunggal dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa pada materi pertumbuhna tumbuhan kelas III SDN 004 Bangkinang Kota.
Kata Kunci : keterampilan, membaca nyaring, media gambar tunggal
S001820 | 08 21-43 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain