Penelitian Mahasiswa
Peningkatan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (tgt) dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 4 sdn 023 pasir sialang)
ABSTRAK
Desi Lustari (2021): Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa pada pembelajaran kelas IV SDN 023 Pasir Sialang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model Times Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran kelas IV SDN 023 Pasir Sialang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 023 Pasir Sialang yang berjumlah 20 siswa. Tahap siklus dalam penelitian menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Times Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini ditunjukkan pleh perolehan hasil observasi pada siklus I dari 20 siswa,diketahui bahwa keterampilan sosial siswa yang masuk dalam kategori tuntas mencapai 50%. Hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan keterampilan sosial siswa kategori tuntas menjadi 16 siswa (80%). Melalui penerapan model Times Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SDN 023 Pasir Sialang.
Kata Kunci: Keterampilan Sosial Siswa, Times Games Tournament (TGT), Pembelajaran di Sekolah Dasar.
S001819 | 08 21-42 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain