Penelitian Mahasiswa
Meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode eja dengan video animasi kelas 1 sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada meteri gemar membaca kelas 1 sd swasta 016 lpmrantau panjang
ABSTRAK
Anis Yusnita (2021) Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Eja dengan Video Animasi pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Tema Kegemaranku Kelas 1 SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang)
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode eja dengan video animasi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 pada tema kegemaranku dengan menggunakan metode eja dengan video animasi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yakni, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan 15-22 September 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas 1 berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa pada siklus 1 tergolong kurang efektif dengan persentase ketuntasan siswa 61% dengan nilai rata-rata 77, sedangkan siklus II mengalami peningkatan sangat baik yakni ketuntasan siswa 83% dengan rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eja dengan video animasi dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang.
Kata Kunci : Keterampilan, Membaca Permulaan, Metode Eja, Video Animasi
ABSTRACT
Anis Yusnita (2021) Improving Beginning Reading Skills Using the Spelling Method Through Animated Videos for Elementary School Students (Class Action Research My Favorite Class 1 Private Elementary School 016 LPM Rantau Panjang)
This research was motivated by the low reading ability of the first graders of Private Elementary School 016 LPM Rantau Panjang. One solution to overcome this problem is to use the spelling method through animated videos. The purpose of the study was to improve the reading ability of grade 1 students on my favorite theme by using the spelling method through animated videos. The purpose of the study was to improve the reading ability of grade 1 students on my favorite theme by using the spelling method through animated videos. This research method is a classroom research method (CAR) which is carried out in two cycles consisting of two meetings and four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The time of the research was 15-22 September 2021. The subjects of this research were 18th graders. Data collection techniques in the form of documentation, observation and tests. The results of this study concluded that the students' initial reading ability in cycle 1 was classified as less effective with the percentage of students' completeness 61% with an average value of 77, while the second cycle experienced a very good increase, namely 83% of students' mastery with an average of 83. Thus, it can be concluded that using the spelling method through animated videos can improve the early reading ability of first graders at Private Elementary School 016 LPM Rantau Panjang.
Keywords: Skills, Beginning Reading, Spelling Method, Animated Video
S001824 | 08 21-39 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain