Penelitian Mahasiswa
Analisis pemahaman guru terhadap gaya belajar siswa di sdn 020 ridan permai (penelitian deskriptif kualitatif)
ABSTRAK
Dina Hafizhah (2021): Analisis Pemahaman Guru terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peranan guru dalam memahami karakteristik siswa seperti gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap gaya belajar siswa, profil pembelajaran, layanan yang diberikan guru, kendala yang dialami guru, dan upaya guru dalam mengatasi kendala terhadap berbagai gaya belajar siswa di SDN 020 Ridan Permai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II, III, IV dan V di SDN 020 Ridan Permai sudah memahami gaya belajar siswa secara teoritis. Profil pembelajaran guru dalam memfasilitasi gaya belajar siswa sudah cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode belajar yang lebih bervariasi, serta penyediaan media pembelajaran yang relevan. Berdasarkan 15 aspek yang diamati, guru kelas II dan III sudah melaksanakan 13 aspek, guru kelas IV sudah melaksanakan seluruh aspek, guru kelas V sudah melaksanakan 12 aspek. Kendala yang dialami guru dalam memfasilitasi gaya belajar siswa yaitu jarang menggunakan proyektor, kesulitan memfasilitasi siswa bergaya belajar auditori, kesulitan mengelola waktu, dan siswa belum tentu memahami materi pelajaran. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah disiplin waktu, belajar dari pengalaman, meningkatkan pemahaman tentang perbedaan gaya belajar siswa, menjalin kerjasama antara guru, siswa dan orang tua serta memperluas wawasan.
Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Guru, Gaya Belajar
S001825 | 08 21-37 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain