Penelitian Mahasiswa
Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatakan kemampuan pemecah masalah
ABSTRAK
Aan Nur Asiah, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Muatan Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning kelas IV Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kemampuan pemecahan masalah siswa, diantaranya siswa kurang mampu memahami masalah, siswa kurang dapat menyusun perencanaan model matematika, dan tidak bisa melaksanakan perencanaan dengan benar, lengkap, dan rinci. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 11 orang siswa Sekolah Dasar 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model pebelajaran Problem Based Learningdan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum tindakan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa rata- rata hanya mencapai 41,18% atau masih tergolong kurang, tetapi setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa sedikit lebih meningkat menjadi 69,17% atau tergolong kurang, dan pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan rata- rata menjadi 76,66% atau tergolong baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learningpada mata pelajaran matematika materi pecahan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.
S001826 | 08 21-36 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain