Penelitian Mahasiswa
Analisis kebiasaan belajar siswa berprestasi di sd negeri 013 muara jalai (penelitian studi kasus terhadap kebiasaan belajar siswa berprestasi sdn 013 muara jalai)
ABSTRAK
Nurfadila. (2021) : Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi SD Negeri 013 Muara Jalai
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kebiasaan belajar yang dilakukan oleh siswa berprestasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa berprestasi di sekolah, di rumah dan perbedaan kebiasaan belajar pada siswa berprestasi di SD Negeri 013 Muara Jalai. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa berprestasi kelas IV dan V SD Negeri 013 Muara Jalai, guru kelas, kepala sekolah, orang tua siswa berprestasi dan lingkungan tetangga siswa berprestasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrument utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Data analisis menggunakan model Miles and Huberman. Tekni pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan Kebiasaan belajar siswa berprestasi di lingkungan sekolah. Siswa tepat waktu hadir di kelas, siswa mengikuti pelajaran dengan memperhatikan, mendengarkan, mencatat, bertanya, konsentrasi dan disiplin dalam belajar. Sedangkan kebiasaan belajar siswa berprestasi saat di rumah. Siswa berprestasi memiliki jadwal jam belajarnya, saat proses belajar siswa selalu dibimbing dan didampingi oleh orang tuanya, siswa selalu menyiapkan keperluan studi pada malam hari dan selalu berangkat di pagi hari. Perbedaan kebiasaan belajar siswa berprestasi yakni terdapat saat belajar di rumah yaitu waktu jam belajar.
Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Siswa Berprestasi, Sekolah Dasar
S001829 | 08 21-34 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain