Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Pengaruh metode sas (struktural analitik sintetik) terhadap keterampilan membaca permulaan di sekolah dasar (penetilian quai eksperimen pada materi membaca permulaan siswa pada kelas 1sdn 005 langgini)

Sofnila Ariani - Nama Orang;

ABSTRAK
Sofnila AriAni, 2021: Pengaruh Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Materi Membaca Permulaan Kelas I SDN 005 Langgini)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa dalam pembelajaran membaca khususnya membaca permulaan di SD Negeri 005 Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 005 Langgini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Kelas eksperimen yaitu kelas IA dan kelas kontrol yaitu siswa kelas IB SD Negeri 005 Lanngini. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului uji normalitas dan homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan dengan metode SAS lebih tinggi daripada keterampilan membaca permulaan dengan model pembelajaran konvensioanl. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,001) < α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh metode SAS lebih efektif dibandingkan dengan strategi model pembelajaran konvensioanl, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 005 Langgini.

Kata Kunci : Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Keterampilan Membaca Permulaan



Ketersediaan
S00183208 21-31Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-31
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-31
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Keterampilan membaca permulaan
metode sas (struktural analitik sintetik)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik