Penelitian Mahasiswa
Upaya meningkatkan keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran (experiental learning) pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota)
ABSTRAK
Muhammad Iqbal Putra (2021) : Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning Pada Siswa Kelas III SDN 001 Bangkinang Kota
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model Experiental Learning dalam pembelajaran kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebnayak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 001 Bangkinang Kota yang berjumlah 17 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 9 siswa dan siswa perempuan 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 74,11%, selanjutnya dari 17 siswa hanya 12 orang siswa atau 70,58% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80,00% dan 14 siswa tuntas atau 82,35% yang mencapai ketuntasan sacara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Experiental Learning dapat meningkatkan keterampilan proses belajar peristiwa makluk hidup pada siswa kelas III SDN 001 Bangkinang Kota.
Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Experiental Learning, Pembelajaran Di Sekolah Dasar
S001833 | 08 21-29 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain