Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Upaya meningkatkan keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran (experiental learning) pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota)

Muhammad Iqbal Putra - Nama Orang;

ABSTRAK
Muhammad Iqbal Putra (2021) : Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning Pada Siswa Kelas III SDN 001 Bangkinang Kota
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model Experiental Learning dalam pembelajaran kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebnayak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 001 Bangkinang Kota yang berjumlah 17 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 9 siswa dan siswa perempuan 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 74,11%, selanjutnya dari 17 siswa hanya 12 orang siswa atau 70,58% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80,00% dan 14 siswa tuntas atau 82,35% yang mencapai ketuntasan sacara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Experiental Learning dapat meningkatkan keterampilan proses belajar peristiwa makluk hidup pada siswa kelas III SDN 001 Bangkinang Kota.
Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Experiental Learning, Pembelajaran Di Sekolah Dasar



Ketersediaan
S00183308 21-29Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-29
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-29
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Keterampilan Proses Sains
Pembelajaran di sekolah dasar
experiental learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik