Penelitian Mahasiswa
Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar (peneltian kuasi eksprimen pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas 4 sdn 001 air tiris kecamatan kampar)
ABSTRAK
Hayatun Nupus.
(2021): Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Tema Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SDN 001 Air Tiris Kecamatan Kampar)”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 001 Air Tiris dengan sampel kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual lebih tinggi (86,16) daripada menggunakan model konvensional (76,79). Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,002) < α (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Media Audio Visual, Kemampuan Pemahaman Konsep
S001837 | 08 21-25 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain