Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berfikir kritis siswa sekolah dasar (quasi eksperimen pada siswa kelas 5 sdn 012 tuah undrapura)

Azizah Munawarah - Nama Orang;

ABSTRAK
Azizah Munawarah. 2021:
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap
Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Dalam dunia pendidikan keterampilan berfikir kritis merupakan kebutuhan bagi siswa. Guru dapat memberikan bimbingan dan perhatian yang lebih kepada siswa. Dalam proses pembelajaran di sekolah jika siswa telah mempunyai keterampilan berfikir kritis maka siswa akan bisa selalu terfokus dengan pertanyaan yang telah diberikan ia akan bisa mempertimbangkan kriteria dan keabsahan informasi yang diterimanya sehingga siswa tidak mudah percaya sebelum mengamatinya dengan mata kepalanya sendiri. Sebagian besar siswa kelas V di SDN 012 Tuah Indrapura belum terlihat memiliki keterampilan berfikir kritis dengan baik. Hal ini terlihat pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan ketika guru memberi pertanyaan pertanyaan pada level C3 berupa analisis. Siswa banyak yang tidak mampu memberikan analisis permasalahan yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Quasi Experimen. Desain yang digunakan yaitu Posttest-Pretest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah Nonprobablilitas Sampel Design. Dan teknik yang digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian ini adalah keterampilan berfirkir kritis siswa pada kelas eksperimen setelah perlakuan yaitu diperoleh nilai rata-rata 83,3 yang berkategori tinggi. Sedangkan dikelas kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 71,4 yang berkategori sedang. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 5% diperleh nilai Sig. (2-tailed) sebanyak 0,00 < α 0,05. Nilai Sig. (2-tailed) α yang menunjukan bahwa keterampilan berfikir kritis siswa kedua kelas berbeda secara signifikan. Hal ini membuktikan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai lebih baik dengan model pembelajaran PBL, dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Tidak hanya itu, selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL mampu menimbulkan sikap percaya diri pada siswa. Sehingga siswa lebih berani untuk menungkapkan pendapatnya, serta mampu mencari solusi dari permasalahan nyata yang ada di kehidupan nyata yang disajikan oleh guru. Dan siswa juga mampu bekerja dalam tim atau kelompok sehingga jiwa kepemimpinnan dan keterampilan sosial siswa tersebut bisa terasah.

Kata Kunci : Berfikir, Model Problem Based Learning, Keterampilan Berfikir Kritis.


Ketersediaan
S00183808 21-24Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-24
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-24
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Berfikir
model problem based learning
keterampilan berfikir
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik