Penelitian Mahasiswa
Analisis keterlaksanaan pembelajaran tematik di kelas 4b sekolah dasar negeri 002 penghudupan
ABSTRAK
Indri Novitasari.
2021: Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik (Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas IVb Sekolah Dasar Negeri 002 Penghidupan)
Penelitian ini didasarkan pada telah diterapkannya pembelajaran tematik disetiap Sekolah terutama di Sekolah Dasar. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang telah diperoleh dalam bentuk tulisan maupun lisan di lapangan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 002 Penghidupan melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil ini menunjukan bahwa: 1) Guru kelas IVb Sekolah Dasar Negeri 002 Penghidupan sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang pembelajaran tematik dan keterlaksanaannya dalam proses pembelajaran di kelas. 2) Berdasarkan hasil studi dokumentasi RPP, guru belum sepenuhnya ikut terlibat dalam penyusunan pembuatan RPP. 3) Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IVb, guru menerapkan atau mengikuti langkah-langkah yang ada di RPP. dalam proses pembelajarannya mencakup tahapan pendekatan scientific sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditekankan pada Kurikulum 2013.
Kata Kunci : Keterlaksanaan, Pembelajaran Tematik
S001840 | 08 21-22 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain