Penelitian Mahasiswa
Penerapan model pembelajaran sinektik untuk meningkatakan keterampilan menulis puisi bebas di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi menulis puisi bebas siswa kelas 4 sdn 004 bangkinang kota)
ABSTRAK
Herlin Afriyani. Penerapan Model Sinektik untuk Meningkatkan
2021: Keterampilan Menulis Puisi Bebas di sekolah Dasar
(Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Menulis Puisi
Bebas Siswa Kelas IV SDN 004 Bangkinang Kota)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa melalui model sinektik pada siswa kelas IV SDN 004 Bangkinang Kota Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Objek penelitian adalah keterampilan menulis puisi bebas. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa meningkat setelah adanya tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model sinektik dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas IV SDN 004 Bangkinang Kota. hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan klasikal. nilai rata-rata dan persentasi ketuntasan klasikal siklus I pertemuan I 33%, pada siklus I pertemuan II 75% dan siklus II pertemuan I 92% pada siklus II Pertemuan II 92%
Kata Kunci : Model Pembelajaran Sinektik, Kemampuan Menulis Puisi Bebas
S001841 | 08 21-21 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain