Penelitian Mahasiswa
Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada meteri organ gerak hewan di kelas 5 sdn 023 pasir sialang)
ABSTRAK
SEPTIYAN NINGSIH (2021) : PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 023 Pasir Sialang. Rendahnya kemampuan berpikir kritis tersebut dapat di tingkatkan dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang di laksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang guru dan 18 orang siswa, sedangkan objeknya adalah dengan menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui dua siklus, pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori kurang kritis 13%, cukup kritis 17%, kritis 38%, dan sangat kritis 32%. Sedangkan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori kurang kritis 0%, cukup kritis 0%, kritis 15%, dan sangat kritis 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengguunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 023 Pasir Sialang.
Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran discovery learning.
S001842 | 08 21-20 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain