Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas untuk menikatkan keterampilan berbicara siswa kelas 5 sdn 006 sungai tonang)

Fitri Hayati - Nama Orang;

ABSTRAK
FITRA HAYATI (2021) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa di kelas IV SDN 006 Sungai Tonang. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara di kelas IV SDN 006 Sungai Tonang. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 10 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan penerapan model pembelajaran artikulasi untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar rubric keterampilan berbicara selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan kedua siklus I keterampilan berbicara siswa hanya 60,5 atau tergolong baik, dengan ketuntasan klasikal 30% dengan kategori sangat kurang, diketahui bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke II maka lebih meningkat pada pertemuan kedua mencapai 82 atau tergolong sangat baik dengan ketuntasan klasikal 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila dilakukan penerapan model pembelajaran artikulasi maka dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 006 Sungai Tonang.
Kata kunci : keterampilan berbicara, model pembelajaran artikulasi


Ketersediaan
S00184408 21-18Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-18
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Keterampilan bebicara
Model pembelajaran artikulasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik