Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Penerapan metode pembelajaran read, record, recide (3r) untuk mengikatkan keterampilan membaca pemahaman di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi cerita anak pada siswa kelas 5 sd 016 salo)

Rahmi Safitri - Nama Orang;

ABSTRAK
Rahmi Safitri (2021) : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN READ,RECORD,RECIDE (3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita anak di kelas V SD 016 Salo. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Read,Record,Recide (3R). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada materi cerita anak dengan menerapkan metode Read,Record,Recide (3R) siswa kelas V SD 016 Salo.. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 18 orang, jumlah siswa laki-laki 7 orang dan siswa perempuan 11 0rang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membaca pemahamn hanya 61, lalu pada siklus 1 pertemuan 1 meningkat menjadi 68,88 , siklus 1 pertemuan II meningkat menjadi 73,33. Selanjutnya siklus II pertemuan 1 73,33 dan siklus II pertemuan II meningkat menhadi 85,05. Maka dapat disimpulkan penerapan metode Read,Record,Recide (3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahman siswa pada materi teks cerita anak kelas V SD 016 Salo.

Kata kunci : Keterampilan membaca pemahaman, metode Read,Record,Recide (3R)


Ketersediaan
S00184508 21-17Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-17
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Keterampilan Membaca Pemahaman
metode read, record, ricede (3R)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik