Penelitian Mahasiswa
Penerapan metode pembelajaran read, record, recide (3r) untuk mengikatkan keterampilan membaca pemahaman di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi cerita anak pada siswa kelas 5 sd 016 salo)
ABSTRAK
Rahmi Safitri (2021) : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN READ,RECORD,RECIDE (3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita anak di kelas V SD 016 Salo. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Read,Record,Recide (3R). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada materi cerita anak dengan menerapkan metode Read,Record,Recide (3R) siswa kelas V SD 016 Salo.. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 18 orang, jumlah siswa laki-laki 7 orang dan siswa perempuan 11 0rang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membaca pemahamn hanya 61, lalu pada siklus 1 pertemuan 1 meningkat menjadi 68,88 , siklus 1 pertemuan II meningkat menjadi 73,33. Selanjutnya siklus II pertemuan 1 73,33 dan siklus II pertemuan II meningkat menhadi 85,05. Maka dapat disimpulkan penerapan metode Read,Record,Recide (3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahman siswa pada materi teks cerita anak kelas V SD 016 Salo.
Kata kunci : Keterampilan membaca pemahaman, metode Read,Record,Recide (3R)
S001845 | 08 21-17 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain