Penelitian Mahasiswa
Penggunaan pembelajaran berbasis visual dalam media meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika ( penelitian tindakan kelas pada pembalajaran matematika kelas 4 sdn 032 kualu kecamatan tambang kabupaten kampar)
ABSTRAK
Nikmatul Khoiriyah, 2021: Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN 032 Kualu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK yang dilaksanakan terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus menggunakan empat tahap antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 032 Kualu yang berjumlah 26 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes kemampuan berpikir kritis siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 42,31%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari pratindakan ke siklus I menunjukkan sebesar 23,07% dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,24%
Kata kunci: Media pembelajaran visual, Kemampuan berpikir kritis siswa, sekolah dasar.
S001847 | 08 21-16 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain