Penelitian Mahasiswa
Penerapan metode pembelajaran pictorial riddle untuk menikatkan keterampilan menulis karangan narasi di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas penerapan metode pembelajaran pictorial riddle untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas 5 di sekolah dasar negeri 032 kualu)
ABSTRAK
D Divia Barti. 2021 :
Penerapan Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Penerapan Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi di kelas V SDN 032 Kualu)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai keterampilan menulis siswa pada pembelajaran tematik khususnya Bahasa Indonesia di kelas V SDN 032 Kualu. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Pictorial Riddle. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 032 Kualu. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan juli 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data berupa, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan keterampilan menulis karangan narasi kelas V SDN 032 Kualu pada siklus I tergolong baik, dengan rata-rata 60,17. Dari 33 orang siswa hanya 17 orang siswa yang tuntas , sedangkan ketuntasan belajar klasikal 51,52%. Pada siklus II sangat baik dengan rata-rata 79,98 Dan 33 orang siswa terdapat 29 orang siswa yang tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 87,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Pictorial Riddle dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi di kelas V SDN 032 Kualu.
Kata Kunci : Menulis, Metode Pictorial Riddle, Keterampilan Menulis Karangan narasi
S001848 | 08 21-14 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain