Penelitian Mahasiswa
Upaya meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model cooperative script kelas 5 sdn 024 limau manis (penelitian tindakan kelas siswa kelas v sdn 024 limau manis kec.kampar)
ABSTRAK
Kharisma Zulfah (2021): Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Dengan Menggunakan Model cooperative script Kelas V SDN 024 Limau Manis.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa pada pembelajaran kelas V SDN 024 Limau Manis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model cooperative script dalam pembelajaran kelas V SDN 024 Limau Manis. Indikator keterampilan sosial yaitu: kemampuan berbagi, kemampuan membantu, kemampuan mengikuti petunjuk, kemampuan menyampaikan pendapat, dan kemampuan menerima pendapat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 024 Limau Manis yang berjumlah 10 siswa. tahap siklus dalam penelitian menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitaf dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil observasi pada siklus I dari 20 siswa, diketahui bahwa keterampilan sosial siswa yang masuk dalam kategori tuntas mencapai 4 siswa (40%). Hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan keterampilan sosial siswa kategori tuntas menjadi 8 siswa (80%). Melalui penerapan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SDN 024 Limau Manis.
Kata Kunci: Keterampilan Sosial Siswa, Cooperative Script, Pembelajaran di Sekolah Dasar.
S001850 | 08 21-12 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain