Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Penerapan metode problem solving untuk menikatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi operasi hitung bilangan cacah siswa kelas iv sdn 024 limau manis)

Shania Wardana - Nama Orang;

ABSTRAK
Shania Wardana, (2021) : Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDN 024 Limau Manis)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 024 Limau Manis tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah. Lembar observasi guru, dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. Hasil kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tes prasiklus nilai rata-rata 54,1 dengan presentase ketuntasan belajar 20%, pada siklus 1 pertemuan I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 59,2 dengan presentase ketuntasan belajar yang sama dengan prasiklus dan pada siklus 1 pertemuan II mengalami peningkatan juga dengan nilai rata-rata 66,6 dengan presentase ketuntasan belajar 40%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75,6 dengan presentase ketuntasan belajar 80%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 86,8 dengan presentase ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Problem Solving dapat meningatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas IV SDN 024 Limau Manis.

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Pembelajaran Problem Solving, Matematika


Ketersediaan
S00185108 21-11Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-11
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-11
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika
Metode pembelajaran problem solving
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik