Penelitian Mahasiswa
Analisis faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas III sekolah dasar ( penelitian kualitatif deskripsi materi perkalian Siswa kelas III sekolah dasar negeri 028 rimbo panjang kecamatan tambang)
ABSTRAK
Delpina Sari.
2021: Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif Deskriptif Materi Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang)
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIIB di SDN 028 Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 26 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengam menggunakan Angket, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data digunakan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IIIB. Faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas III SDN 028 Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten kampar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Dimana faktor internal dipengaruhi oleh faktor rasa percaya diri dan intelektual belajar siswa. Pada faktor intelektual siswa kelas IIIB termasuk rendah dengan presentase 28%. Faktor rasa percaya diri siswa kelas IIIB termasuk kedalam kriteria sedang dengan presentase 44%. Sedangkan untuk faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IIIB, yaitu faktor guru dan lingkungan sekolah. Faktor guru pada siswa kelas IIIB rendah dengan memiliki presentase 33%, sedangkan faktor lingkungan sekolah termasuk kriteria sangat rendah dengan presentase 6%, yang sehingga mengakibatkan terjadinya kesulitan belajar pada Siswa Kelas IIIB SDN 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.
Kata kunci : Faktor Kesulitan Belajar.
S001855 | 08 21-07 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain