Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model problem based learning (pbl) pada siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada tema 9 indahnya keberagamaan siswa kelas 6 sdn 003 batu bersurat kec. XIII koto kampar)

Ema Gusliani - Nama Orang;

ABSTRAK

Ema Gusliani, 2021: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunkana Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Indahnya Keberagaman Siswa Kelas IV SDN 003 Batu Bersurat)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpiki kritis siswa di kelas IV SDN 003 Batu Bersurat . Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk memaparkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN 003 Batu Bersurat. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni selama dua minggu 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Dengan jumlah laki-laki 4 siswa, dan siswa perempuan 10 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus I pertemuan I mencapai (43%), pertemuan II meningkat menjadi (57%) sedangkan pada siklus II pertemuan I (71%), dan pertemuan II meningkat mencapai (86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan pada kelas IV SDN 003 Batu Bersurat.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning (PBL)



Ketersediaan
S00185608 21-06Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 21-06
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan., 2021
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 21-06
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
model problem based learning (PBL)
kemampuan berfikir kritis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik