Penelitian Mahasiswa
Penerapan model think talk write (ttw) untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif pada pembelajaran tematik siswa sekolah dasar
ABSTRAK
Erlina Sari. 2021 :
Penerapan Model Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 cuaca Subtema 2 Perubahan cuaca Kelas III Sekolah Dasar Negeri 005 Padang Luas)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis kalimat efektif pada pembelajaran tematik kelas III SDN 005 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan penerapan model Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif pada siswa kelas III SDN 005 Padang Luas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan Juni 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah sebanyak 17 siswa dengan jumlah laki-laki 9 siswa dan perempuan berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 67,82, selanjutnya dari 17 siswa hanya 8 siswa yang tuntas dan ketuntasan secara klasikal 47,05%. Pada siklus II sangat baik dengan rata-rata 77,47 kemudian dari 17 siswa terdapat 14 siswa yang tuntas dan untuk ketuntasan secara klasikal 82,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif pada kelas III SDN 005 Padang Luas.
Kata kunci : Model Think Talk Write (TTW), keterampilan menulis, kalimat efektif, siswa
Sekolah Dasar
S001857 | 08 21-05 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain