Penelitian Mahasiswa
Analisis faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I mis rumbio ( penelitian kualitatif pada siswa kelas 1 mis rumbio kecamatan kampar)
ABSTRAK
Winarti.
2021:
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I MIS Rumbio Kecamatan Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian ini adalah orang tua siswa kelas I sebanyak 16 orang dan guru MIS Rumbio sebanyak 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Angket, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data digunakan untuk faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca pernulaan pada siswa kelas I MIS Rumbio Kecamatan Kampar, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor proses pembelajaran, faktor sarana prasarana. Pada faktor siswa diperoleh 83% termasuk kategori sedang. Faktor sarana prasarana diperoleh 57% termasuk kategori rendah. Faktor guru diperoleh 59% termasuk kategori rendah. Faktor proses pembelajaran diperoleh 61% termasuk kategori rendah. Berdasarkan penelitian, guru hendaknya sering membaca refrensi buku mengenai pembelajaran membaca permulaan yang benar.
Kata kunci: Faktor Penghambat, Pembelajaran Membaca Permulaan
S001860 | 08 21-03 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain