Penelitian Mahasiswa
Pengaruh model means ends analysis (mea) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar (studi kuasi eksperimen pada mata pelajaran matematika kelasV sdn 012 gading sari kecamatan tapung kabupaten kampar)
ABSTRAK
Yolanda Wulandari (2021) Pengaruh Model Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 012 Gading Sari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Means Ends Analysis berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis kelas V SD Negeri 012 Gading Sari Kecamatan Tapung. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Kelas eksperimen yaitu kelas VA dan kelas kontrol yaitu kelas VB SD Negeri 012 Gading Sari. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model Means Ends Analysis (MEA) berbantuan media audio visual lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model konvensional. Hal ini terlihat dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,000) < α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh dengan model Means Ends Analysis (MEA) berbantuan media audio visual lebih baik dibandingkan dengan model konvensional, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Means Ends Analysis berbantuan media audio visual.
Kata Kunci : Model Means Ends Analysis (MEA), Media Audio Visual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
S001859 | 08 21-02 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain