Penelitian Mahasiswa
Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share kelas iv sdn 134 Pekanbaru
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 134 Pekanbaru. Salah satu solusi unuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran think pair share tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peingkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kenampakkan alam di Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share pada siswa kelas IV SDN 134 Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua petermuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai september 2020. Subjek penelitian in siswa klas IV yang berjumlah 21 orang, dengan julah laki-laki 9 orang, dan siswa perempuan 11 orang,. Teknik pengumpulan data berupa obseervasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar siswa materi kenampakan alam Indonesia kelas IV SDN 134 Pekanbaru pada pertindakan tergolong cukup aktf dengan ketuntasan klasikal 19%, dari 21 orang siswa hanya 3 orang siswa yang tuntas. Pada siklus 1 cukup aktif dengan ketuntasan aktivitas belajar 62,7 %, dan 21 orang siswa terdapat3 orang siswa yang tuntas,. Pada siklus II tergolong cukup aktif dengan ketuntasan aktivitas belajar 87%, dari 21 orang siswa terdapat 20 orang siswa yang tuntas. Hasil penelitian ini meningkat karena menemukan menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode think pair and share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 134 Pekanbaru
S001803 | 08 20-99 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain