Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share kelas iv sdn 134 Pekanbaru

Eko Apriwaldi - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 134 Pekanbaru. Salah satu solusi unuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran think pair share tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peingkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kenampakkan alam di Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share pada siswa kelas IV SDN 134 Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua petermuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai september 2020. Subjek penelitian in siswa klas IV yang berjumlah 21 orang, dengan julah laki-laki 9 orang, dan siswa perempuan 11 orang,. Teknik pengumpulan data berupa obseervasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar siswa materi kenampakan alam Indonesia kelas IV SDN 134 Pekanbaru pada pertindakan tergolong cukup aktf dengan ketuntasan klasikal 19%, dari 21 orang siswa hanya 3 orang siswa yang tuntas. Pada siklus 1 cukup aktif dengan ketuntasan aktivitas belajar 62,7 %, dan 21 orang siswa terdapat3 orang siswa yang tuntas,. Pada siklus II tergolong cukup aktif dengan ketuntasan aktivitas belajar 87%, dari 21 orang siswa terdapat 20 orang siswa yang tuntas. Hasil penelitian ini meningkat karena menemukan menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode think pair and share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 134 Pekanbaru


Ketersediaan
S00180308 20-99Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-99
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-99
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Aktivitas Belajar
metode tps
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik