Kaset
“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing TerhadapKemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII di SMP IT Al-Utsaimin Bangkinang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model
pembelajaran Problem Posing dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penerapan model pembelajaran Problem Posing tehadap kemampuan pemecahan
masalah peserta didik di SMP IT Al-Utsaimin. Jenis Penelitian yang digunakan
yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Only Control Group
Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP IT Al-Utsaimin dengan banyak
sampel 60 peserta didik. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai
posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran problem posing, data dianalisis menggunakan software
SPSS. Hasil analisis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
peserta didik diperoleh bahwa kecenderungan kemampuan pemecahan masalah
matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
problem posing berada pada kualifikasi tinggi. Sebelum pengujian hipotesis,
dilakukan uji normalitas untuk data nilai posttest. Hasil uji menunjukan bahwa
data nilai posttest berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan paired
sampel t-test, dan disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan
model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika peserta didik di kelas VII SMP IT Al-Utsaimin.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Posing, Kemampuan Pemecahan
Masalah, Matematika
S001543 | 10 20-03 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain