Penelitian Mahasiswa
Pengembangan Soal Etnomatematika Untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VII SMP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal sebagai alat evaluasi yang dapat
memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Permasalahan yang
terdapat dalam penelitian ini adalah belum adanya soal yang secara khusus dibuat
sebagai alat evaluasi untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik terkait
budaya melayu Kampar di sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp. Model ini terdiri dari
preliminary research dan prototyping phase. Pada fase preliminary research
dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis
konsep dan studi literatur. Sedangkan fase prototyping meliputi validasi, evaluasi
dan revisi produk yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar
wawancara, lembar angket dan lembar tes. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis data deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas yang
diberikan oleh validator, hasil angket respon peserta didik dan guru dengan cara
menghitung setiap persentase nilai yang diberikan. Hasil analisis data terhadap
validitas aspek isi dan konstruk diperoleh rerata 3 dengan kategori valid. Hasil
analisis data validitas pada aspek bahasa diperoleh rerata 3 dengan kategori valid.
Sedangkan analisis data validitas pada aspek budaya diperoleh rerata 3,3 dengan
kategori sangat valid. Adapun hasil analisis data angket kepraktisan peserta didik
diperoleh hasil persentase berada diantara 70,33% - 95,34%. Hal ini berarti
peserta didik dapat kemudahan dalam menggunakan soal yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa soal matematika
berbasis etnomatematika dinyatakan valid dan praktis pada materi bilangan.
Selain itu, terdapat efek positif dalam menyajikan soal matematika yang
dilandaskan atau didasarkan atas pendekatan yang telah terbukti untuk
memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep yang berkaitan dengan kebudayaan
yaitu etnomatematika. Hal ini ditandai dari respon positif peserta didik yang lebih
termotivasi dalam mengerjakan soal yang diberikan.
Kata kunci: Model Plomp, Bilangan, Etnomatematika.
S001542 | 10 20-02 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain