Penelitian Mahasiswa
Pengembangan Soal Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP (Penelitian Pengembangan Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal sebagai alat evaluasi yang dapat
memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Permasalahan yang
terdapat dalam penelitian ini adalah belum adanya soal yang secara khusus dibuat
sebagai alat evaluasi untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik di sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang menggunakan model Plomp. Model ini terdiri dari preliminary
research dan prototyping phase. Pada fase preliminary research dilakukan analisis
kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep dan studi
literatur. Sedangkan fase prototyping meliputi validasi, evaluasi dan revisi produk
yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar
angket dan lembar tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif
yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas yang diberikan oleh validator,
hasil angket respon peserta didik dan guru dengan cara menghitung setiap persentase
nilai yang diberikan. Hasil analisis data terhadap validitas aspek isi dan konstruk
diperoleh rerata 3 dengan kategori valid. Sedangkan hasil analisis data validitas pada
aspek bahasa diperoleh rerata 3,8 dengan kategori sangat valid. Adapun hasil analisis
data angket kepraktisan peserta didik diperoleh hasil persentase berada diantara
70,33% - 95,34%. Hal ini berarti peserta didik dapat kemudahan dalam
menggunakan soal yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut
dapat disimpulkan bahwa soal matematika berbasis open ended dinyatakan valid dan
praktis pada materi bilangan. Selain itu, terdapat efek positif dalam menyajikan soal
matematika yang dilandaskan atau didasarkan atas pendekatan yang telah terbukti
untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah yaitu open ended. Hal ini
ditandai dari respon positif peserta didik yang lebih termotivasi dalam mengerjakan
soal yang diberikan.
Kata kunci: Model Plomp, Bilangan, Open Ended.
S001541 | 10 20-01 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain