Penelitian Mahasiswa
Meningkatkan Kemamuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Bermain Puzzle ABC Kelompok B di RA Habiby Desa Kusau Makmur Kecamatan Tapung Hulu (Penelitian TIndakan Kelas Pada Kelompok B di RA. Habiby Desa Kusau Makmur, Kecamatan Tapung Hulu)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui
kegiatan bermain puzzle abc Kelompok B di RA Habiby Desa Kusau Makmur
Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dalam kenyatan yang peneliti lihat
bahwa kemampuan mengenal huruf anak masih rendah. Hal ini disebabkan
karena guru mengajarkan mengenal huruf kepada anak dengan menuliskan huruf
satu persatu di papan tulis dengan media dan alat permainan seadanya sehingga
membuat anak menjadi bosan dan kurang berminat dalam mengenal huruf. Salah
satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf
ini anak dalam pembelajaran anak usia dini adalah dengan menggunakan metode
bermain, bernyanyi dan puzzle dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian
ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan metode
kombinasi bernyanyi dan puzzle huruf abc di Kelompok B di RA Habiby Desa
Kusau Makmur? Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan
mengenal huruf dalam puzzle abc anak dalam proses pembelajaran anak kategori
mampu sebelum tindakan adalah 25%, pada siklus I rata- ratanya 50% sedangkan
pada siklus II rata- ratanya 90%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan
mengenal huruf pada kegiatan bermain puzzle abc anak mengalami peningkatan
dari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan dengan metode kombinasi bermain dan puzzle
abc dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada
siswa.
Kata kunci : Kemampuan, mengenal huruf, Bernyanyi, Puzzle ABC
S001538 | 09 20-18 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain