Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Meningkatkan Kemamuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Bermain Puzzle ABC Kelompok B di RA Habiby Desa Kusau Makmur Kecamatan Tapung Hulu (Penelitian TIndakan Kelas Pada Kelompok B di RA. Habiby Desa Kusau Makmur, Kecamatan Tapung Hulu)

Mariana Jumaida - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui
kegiatan bermain puzzle abc Kelompok B di RA Habiby Desa Kusau Makmur
Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dalam kenyatan yang peneliti lihat
bahwa kemampuan mengenal huruf anak masih rendah. Hal ini disebabkan
karena guru mengajarkan mengenal huruf kepada anak dengan menuliskan huruf
satu persatu di papan tulis dengan media dan alat permainan seadanya sehingga
membuat anak menjadi bosan dan kurang berminat dalam mengenal huruf. Salah
satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf
ini anak dalam pembelajaran anak usia dini adalah dengan menggunakan metode
bermain, bernyanyi dan puzzle dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian
ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan metode
kombinasi bernyanyi dan puzzle huruf abc di Kelompok B di RA Habiby Desa
Kusau Makmur? Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan
mengenal huruf dalam puzzle abc anak dalam proses pembelajaran anak kategori
mampu sebelum tindakan adalah 25%, pada siklus I rata- ratanya 50% sedangkan
pada siklus II rata- ratanya 90%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan
mengenal huruf pada kegiatan bermain puzzle abc anak mengalami peningkatan
dari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan dengan metode kombinasi bermain dan puzzle
abc dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada
siswa.
Kata kunci : Kemampuan, mengenal huruf, Bernyanyi, Puzzle ABC


Ketersediaan
S00153809 20-18Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
09 20-18
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
09 20-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
penelitian Mahasiswa S1 PGPAUD
Mengenal Huruf
Kemampuan
Bernyanyi
Puzzle ABC
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik